Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 7 No. 2 (2025): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Gilipanda Kota Bima Tahun Pelajaran 2024/2025

Andriani, Fitri (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Haris, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah GiliPanda Kota bima masih belum maksimal dalam pencapaian target pembelajaran yang diharapkan. Masalah yang mucul dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahsa Indonesia di SD Muhammadiyah GiliPanda Kota Bima yaitu terletak pada proses yang dilakukan oleh guru dan kondisi siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret, Penelitian dilakukan selama 2 bulan, dan dilakukan pada tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran berbasis teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta mencari solusi untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu SD Muhammadiyah Kota Bima . Subjek penelitian ini yaitu siswa SD Muhammadiyah Kota Bima. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif, yang terdiri dari tiga tahapan utama: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan minat dan pemahaman siswa melalui pembelajaran yang lebih interaktif dan fleksibel. Namun, kendala seperti keterbatasan akses perangkat, kurangnya keterampilan guru, dan potensi gangguan digital masih menjadi tantangan. Solusi yang diperlukan mencakup penyediaan fasilitas teknologi, pelatihan guru, serta metode pembelajaran yang lebih efektif. Dengan strategi yang tepat, media digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung perkembangan pendidikan di era digital. Hasil penelitian ini memiliki implikasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital. Penerapan media digital dapat mendukung proses belajar yang lebih interaktif dan mandiri bagi siswa. Sebagai rekomendasi, diperlukan peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru dalam pemanfaatan media digital, serta pengembangan metode pembelajaran yang lebih adaptif agar hasil belajar siswa semakin optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...