Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 7 No. 2 (2025): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Iasha, Vina (Unknown)
Dewi, Nadila (Unknown)
Zahra, Siti Nabila (Unknown)
Sari, ⁠Syintia Bela Puspita (Unknown)
Salsa, Tanaya (Unknown)
Permadi, Lulu Hanaghina (Unknown)
Sutisna, Alica Apriyani (Unknown)
Lestari, Lala (Unknown)
Kencana, Bunga Amartya Mentari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Proses pembelajaran seringkali membuat siswa merasa jenuh dan bosan karena metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk menentukan metode yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Untuk dapat memahami lebih mendalam penelitian mengenai penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar, diperlukan kajian literatur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar, kelebihan dan kelemahan serta rekomendasi mengenai penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis). Penelusuran artikel terkait dilakukan melalui database Google Scholar dengan kata kunci “media audio visual” pada tanggal 13 November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual efektif meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar karena memadukan gambar dan suara. unsur yang memudahkan pemahaman konsep abstrak, meningkatkan motivasi, dan menarik perhatian. Namun kelemahannya antara lain biaya yang mahal, keterampilan teknis, dan peralatan pendukung yang terbatas, sehingga diperlukan perencanaan yang matang dan keterampilan yang memadai dalam pelaksanaannya agar pembelajaran lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...