INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 3 No. 1 (2025): MARET 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN AFTER EFFECT PADA ELEMEN KEJURUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK TELKOM MAKASSAR

Thalib, Muh Dzaky Fazary (Unknown)
Karim, Sugeng A. (Unknown)
Dewi, Shabrina Syntha (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dengan menggunakan after effect pada elemen kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) materi voice over internet protocol (VoIP) berdasarkan hasil kriteria valid dan praktis untuk peserta didik kelas XI. Penelitian dilaksanakan di SMK Telkom Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 41 peserta didik kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data uji validitas dan analisis data uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan perolehan nilai 91% dan ahli media perolehan nilai 97%. Tahap selanjutnya yaitu uji praktis guru memperoleh nilai 91% dan uji praktis peserta didik dengan nilai presentase rata-rata 92% kedua uji tersebut masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan after effect yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran elemen kejuruan teknologi komputer dan jaringan (TKJ) pada materi voice over internet protocol (VoIP) di kelas XI SMK Telkom Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...