Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran induktif matematika murid melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMP Ma'arif Kalibawang pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan penalaran induktif, lembar observasi aktivitas pembelajaran matematika, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation berhasil meningkatkan kemampuan penalaran induktif matematika murid, dengan nilai rata-rata penalaran induktif yang meningkat dari 6,2 pada siklus I menjadi 7,53 pada siklus II. Peningkatan signifikan juga terlihat pada indikator generalisasi dan analogi. Kemampuan generalisasi naik dari 66,16% menjadi 75%, dan kemampuan analogi meningkat dari 46,96% menjadi 69,69%. Selain itu, respon positif murid terhadap pembelajaran meningkat dari 72,74% menjadi 85,47%. Model Group Investigation efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran induktif murid
Copyrights © 2025