PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 9, No 1 (2025): Volume 9 Nomor 1 April 2025

Implementasi Program Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Adawiyah, Robiyatul (Unknown)
Septuri, Septuri (Unknown)
Wachidah, Nor Rochmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji bagaimana implementasi program sekolah penggerak dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Sendang Asih. Program penggerak sekolah diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap kinerja para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program sekolah penggerak mencakup adanya pendampingan yang diberikan kepada kepala sekolah penggerak, kemudian kepala sekolah membuat tim mengadakan pelatihan bagi guru-guru untuk memperkenalkan program sekolah penggerak. Selain itu pada pelatihan guru mengajarkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian Pembelajaran yang sejalan dengan program Sekolah Penggerak, serta pelatihan bagi guru mengenai cara penyusunan modul ajar berbasis paradigma baru dalam program tersebut, merupakan bagian penting dari implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Penggerak berperan signifikan dalam peningkatan kinerja guru di SDN 1 Sendang Asih.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...