Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengkaji bagaimana implementasi program sekolah penggerak dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Sendang Asih. Program penggerak sekolah diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap kinerja para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program sekolah penggerak mencakup adanya pendampingan yang diberikan kepada kepala sekolah penggerak, kemudian kepala sekolah membuat tim mengadakan pelatihan bagi guru-guru untuk memperkenalkan program sekolah penggerak. Selain itu pada pelatihan guru mengajarkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian Pembelajaran yang sejalan dengan program Sekolah Penggerak, serta pelatihan bagi guru mengenai cara penyusunan modul ajar berbasis paradigma baru dalam program tersebut, merupakan bagian penting dari implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Penggerak berperan signifikan dalam peningkatan kinerja guru di SDN 1 Sendang Asih.
Copyrights © 2025