Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 5 No 1 (2025): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Peran Organisasi Pendidikan di Luar Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Non-Formal: Studi Kasus di Lembaga Kursus dan Pelatihan

Andini, Dinda Rizki (Unknown)
Fitrianti, Eka (Unknown)
Lestari, Elsya Anugrah (Unknown)
Brutu, Dur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Pendidikan di luar sekolah, khususnya melalui lembaga kursus dan pelatihan (LKP), memainkan peran penting dalam memberikan keterampilan non-formal kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh organisasi pendidikan di luar sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran non-formal. Studi kasus dilakukan di LKP di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan analisis beberapa jurnal serta dokumen yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia, infrastruktur, dan pendanaan, serta tantangan dalam merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan kapasitas sumber daya, pemanfaatan teknologi, serta kolaborasi antara LKP dengan industri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...