Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Peran Guru PPKn dalam Mengimplementasikan Nilai- Nilai Bhineka Tunggal Ika Sebagai Tema P5 dengan Pendekatan Gotong Royong di SMP Negeri 27 Samarinda

Andraini, Ridah (Unknown)
Majid , Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika sebagai tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan pendekatan gotong royong di SMP Negeri 27 Samarinda. Implementasi nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam pembelajaran menjadi penting untuk menanamkan sikap toleransi, kebersamaan, dan persatuan di lingkungan sekolah yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru PPKn, observasi kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi terkait pelaksanaan tema P5. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan validitas data dengan membandingkan hasil dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn berperan sebagai fasilitator, motivator, dan inovator dalam mengajarkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika melalui kegiatan berbasis gotong royong. Strategi yang digunakan meliputi diskusi kelompok, kerja sama dalam proyek, serta refleksi bersama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PPKn sangat krusial dalam membentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika sehingga diperlukan dukungan lebih lanjut dari sekolah dan stakeholder pendidikan untuk meningkatkan efektivitas implementasi tema P5

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...