Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi guru dalam membentuk karakter religius anak usia dini di TKIT Al-Mumtaz Pontianak. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu tiga orang guru yang mengajar di TKIT Al-Mumtaz Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Guru menerapkan strategi pengenalan nilai-nilai keagamaan dengan cara  pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas, melatih anak untuk menghafal surah pendek dalam al-qur’an, doa harian, dan hadist, pembiasaan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, melatih anak terbiasa bersikap baik kepada orang yang lebih tua, sebaya, maupun lebih muda, 2. Guru menerapkan strategi pemberian contoh dalam berperilaku sehari-hari dengan memberikan teladan baik dalam berperilaku, melatih  untuk terbiasa berbagi dengan teman, dan menggunakan cerita islami sebagai sarana pemberian contoh atau teladan, 3. Guru menerapkan strategi experiential learning  dengan mengajak anak untuk melakukan kunjungan ke masjid, melakukan kunjungan dan melakukan kegiatan berbagi, dan melakukan kegiatan peduli lingkungan, 4. Guru menerapkan strategi penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan video edukatif dan buku cerita islami. Hal tersebut merupakan strategi-strategi yang guru lakukan untuk membentuk karakter religius anak usia dini di TKIT Al-Mumtaz Pontianak, dan sudah dilaksanakan dengan baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025