AT-TA`DIB
Vol. 2 No. 2 (2018)

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI AL-FALAH CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Rauqillah, Dhiya Rahma (Unknown)
Makarim, Chodidjah (Unknown)
Mukhtar, Mukhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan dapat menjadi alat yang bersifat preventif untuk mencegah dan menjaga hal-hal yang dapat mengganggu dan menghambat proses belajar untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Masalah disiplin merupakan salah satu masalah yang dihadapi sekolah-sekolah. karena disiplin dalam belajar merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk menepati atau mematuhi ketentuan, dan tata tertib yang diberlakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa, mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui sikap displin belajar siswa, mengetahui adanya hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa, mengetahui manfaat disiplin dalam belajar terhadap hasil belajar siswa, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional menurut Nana Syaodih bahwa penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Yaitu dengan cara penyebaran angket dan pengambilan hasil belajar UTS siswa. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh angket kedisiplinan dari 35 responden terdapat 14 siswa (40%) tergolong dalam kategori cukup dan hasil belajar dari nilai UTS terdapat 10 siswa (42,86%) tergolong dalam kategori baik dengan hasil korelasinya adalah 0,047 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan dalam belajar dengan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2018