AT-TA`DIB
Vol. 8 No. 3 (2024): DESEMBER

MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SETS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Avionita, Neng Vini (Unknown)
Uswatun, Din Azwar (Unknown)
Lyesmaya, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap peduli lingkungan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran SETS dan peningkatan sikap peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA peserta didik kelas IV SD Negeri Gununggeulis melalui model pembelajaran SETS. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Partisipan penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Gununggeulis tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan lembar angket yang berfokus pada indikator sikap peduli lingkungan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada pelaksanaan model SETS mengalami peningkatatan aktivitas peserta didik siklus I sebanyak 77,8% (Baik) menjadi 100% (Sangat baik) pada siklus II. Selain itu peningkatan juga dilihat pada aspek sikap peduli lingkungan hasil observasi siklus I 44% dan siklus II naik menjadi 80%. Kemudian hasil angket pada siklus I 56% menjadi 84% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah pelaksanaan model SETS terlaksana dengan baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II serta terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan dengan ketercapaian akhir 80% hasil observasi dan 84% pada hasil angket.

Copyrights © 2024