AT-TA`DIB
Vol. 8 No. 2 (2024): JUNI

DESAIN LKPD BERBASIS STEM PADA MEDIA PROYEKTOR MINI (PROM)

Trisnani, Suksma (Unknown)
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz (Unknown)
Mulyadiprana, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Hakikat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) ialah sebagai gambaran dari proses pembelajaran yang berisikan tahapan belajar guna menemukan sebuah konsep. Namun pada kenyataannya, penggunaan LKPD di Sekolah Dasar umumnya hanya berisikan soal yang digunakan sebagai alat penilaian kognitif, tidak berisikan tahapan pembelajaran. Pembelajaran saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka dengan menuntut pembelajaran yang merdeka diserta dengan keterampilan-keterampilan untuk mendukung peserta didik dalam menjalankan ke-hidupan abad 21. Keterampilan abad 21 tersebut sering disebut dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity). Pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) hadir untuk mengembangkan pembelajaran terpadu yang didalamnya terdapat beberapa keterampilan- keterampilan. Pembelajaran ber-basis STEM dengan menggunakan LKPD dapat menuntun peserta didik untuk menemukan sebuah konsep dan mencapai keterampilan 4C. Pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis STEM pada Media Proyektor Mini (PROM) ini akan menghasilkan sebuah produk berupa Proyektor Mini (PROM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode EDR (Educational Design Research). Penelitian ini memperoleh desain rancangan produk berupa LKPD yang divalidasi oleh ahli dan hasil revisi diuji cobakan sebanyak dua siklus. Desain rancangan produk yang telah divalidasi, revisi, dan uji coba memperoleh hasil akhir berupa produk LKPD berbasis STEM pada Media Proyektor Mini (PROM) di Kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024