Penelitian ini dilakukan karena adanya persoalan kemampuan  pemahaman  bacaan siswa yang masih rendah dengan nilai rata-rata harian berkisaran 70 di kelas 5 SD Negeri larangan 1 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory Visual, Intelektual terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas 5 SD Negeri Larangan 1. Adapun ada 25 sampel yang digunakan pada penelitian ini. Instrumen penelitian ini telah melewati uji validitas dan reliabilitas Data penelitian ini sudah memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman bacaan adalah uji t. Setelah diberikan  perlakuan  berupa  model pembelajaran SAVI pada siswa yang mengalami lemahnya kemampuan pemahaman bacaan hasilnya menunjukan bahwa kemampuan pemahaman bacaan siswa mengalami peningkatan. Terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa di SDN Larangan 01 Tangerang Banten. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis pada uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil signifikansi yang didapat sebesar 0,000. Yang artinya nilai tersebut kurang dari taraf signifikansi yakni 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis terjawab Ha diterima dan Ho ditolak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022