Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas X Fase E 1 Semester Ganjil TP 2024/2025 di SMA Negeri 2 Kec. Pangkalan Koto Baru. Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran Geografi, dengan menggunakaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Kegiatan ini dilaksanakan pada Oktober 2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kec. Pangkalan Koto Baru yang berlokasi di JL. Lintas Sumbar-Riau KM-75 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Fase E1 yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik dari siklus ke siklus meningkat. Peningkatan terjadi pada setiap indikator dengan rata-rata persentase siklus 1 yaitu 73,7 % dan siklus 2 sebesar 81,8% sehingga dapat diketahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam 2 siklus sebesar adalah 80,2%. Artinya aktivitas belajar peserta didik masuk dalam kategori tinggi (tercapai). Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Geografi.
Copyrights © 2025