Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 1 (2025): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI TEKS RESENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 7 SMA 2 NEGERI BANDA ACEH

Zahara, Rizka (Unknown)
Nabila, Nudhar (Unknown)
Maimun, Maimun (Unknown)
Arifin, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengonstruksi atau menulis teks resensi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Banda Aceh. Model pembelajaran TTW merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks resensi, karena bisa membantu peserta didik mengontruksi pengetahuan mereka sendiri, sesuai dengan langkah-langkah TTW. Pertama, peserta didik membaca sebuah bacaan, lalu mencatat hal-hal penting dalam bacaan tersebut. Kedua, peserta didik didik secara berkelompok membahasa hal-hal penting yang diperoleh dan membentuk sebuah kerangka tulisan. Ketiga, secara individu peserta didik mulai mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah tulisan yang utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena penelitian ini bersifat deskriptif dan naturalistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengambil subjek peserta didik kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Banda Aceh. terbagi pada dua siklus. Keterampilan mengonstruksi teks resensi diukur berdasarkan persentase kecapaian nilai menulis teks resensi. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi kegiatan berupa foto. Kriteria keberhasilan tindakan berupa peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks resensi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan antusias dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keberhasilan keterampilan mengonstruksi teks resensi diukur berdasarkan skor ketercapaian aspek menulis teks resensi sebesar 70%. Hasil penelitian diperoleh dengan persentase ketercapaian proses dan hasil yang perlu diperhatikan dalam mengonstruksi teks resensi pada setiap siklus. Peningkatan kualitas proses didasarkan pada hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran mengonstruksi teks resensi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dari siklus I sampai siklus II. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengonstruksi teks resensi. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas peserta didik pada siklus I reratanya 55% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Selain itu peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru, yaitu pada siklus I memperoleh nilai 86% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian peningkatan keterampilan hasil menulis teks diskusi dapat dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan sebesar 60% pada siklus I dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan mengonstruksi teks resensi peserta didik.Kata kunci: keterampilan, mengonstruksi, menulis, teks resensi, Think Talk Write (TTW)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...