BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Binomial

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Mardia, Dienul (Unknown)
Maulana, Andi (Unknown)
Zulkarnaim, Zulkarnaim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasy eksperimental) menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI berjumlah 300 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 66 peserta didik dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen (XI.3) dan kelas kontrol (XI.4), menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa 8 butir soal essay. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan berpikir kritis peserta didik 82,00 pada kelas eksperimen dan 72,30 pada kelas kontrol. Analisis statistik inferensial diperoleh nilai sig. 0,001, menunjukan bahwa sig. ? = 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model learning cycle 7E berbantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...