BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Binomial

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SFAE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

ati, erni (Unknown)
Prasetyo, Mohammad Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian yang diterapkan ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis tingkat minat belajar Biologi bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri Tiga Palakka, Kabupaten Bone, dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) yang diaplikasikan beserta media gambar. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Palakka pada semester Genap (II) tahun ajaran 2023/2024. Untuk mengukur hasil meningkat atau tidaknya minat belajar siswa, dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining disertai dengan penggunaan media gambar dapat dilihat dari evaluasi pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil hasil tes tiap siklus untuk melihat perkembangan minat belajar, serta observasi proses pembelajaran menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, skor rata-rata untuk siklus I ialah 62,00. Selanjutnya pada siklus II skor ratarata yang diperoleh ialah 93,00. Dari perolehanhasil penelitian ini, bila dikaitkan dengan proses belajar mengajar maka model student facilitator and explaining sebagai penunjang pembelajaran yang disertai bersama penggunaan media gambar, dapat meningkatkan minatbelajar dalam proses pembelajaran bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...