Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

Pengaruh Penggunaan Film Animasi Plotagon Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Bagi Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Tunas Mulia Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi

Lesmana, Diana Earlyana (Unknown)
Imamah, Nuril (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan film animasi Plotagon Story terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menyimak cerita dan kemampuan menceritakan pengetahuan dan pengalamannya di PAUD Tunas Mulia Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti berusaha menentukan apakah sebuah perlakuan akan mempengaruhi hasil penelitian. Pengaruh ini dinilai dengan cara menerapkan perlakuan tertentu pada satu kelompok eksperimen dan tidak menerapkan pada satu kelompok lain (kelompok kontrol), kemudian dilakukan uji perbedaan hasil belajar melalui nilai postest di kelompok eksperimen. Pengambilan keputusan uji hipotesis pada pengaruh penggunaan film animasi Plotagon Story terhadap kemampuan menyimak dan kemampuan berbicara di kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan paired t-tes sedangkan untuk uji hipotesis untuk mengetahui perbedaan signifikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kemampuan menyimak dan berbicara menggunakan Multivariate Analysis of Variance (Manova). Kesimpulan penelitian ini diperoleh; 1) berdasarkan uji t-tes berpasangan pada kemampuan menyimak menghasilkan nilai sig (2-tailed) 0.000 0,05, maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan film animasi Plotagon Story terhadap kemampuan menyimak pada anak kelompok usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Mulia, 2) berdasarkan uji t-tes berpasangan pada kemampuan berbicara menghasilkan nilai sig (2-tailed) 0.000 0,05, maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan film animasi Plotagon Story terhadap kemampuan berbicara anak kelompok usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Mulia, 3) berdasarkan uji Manova yang menghasilkan nilai sig = 0.000 yang jauh dibawah 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok yang menggunakan film animasi Plotagon Story untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak kelompok usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Mulia Bekasi Barat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...