Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran daring materi ayo cintai lingkungan siswa Sekolah Dasar Kelas IV dengan menggunakan metode bercerita berbantuan media Whatsapp. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah Pembelajaran RPP (Rencana Pelaksanaan), bahan ajar berupa video pembelajaran, angkat siswa dan angket guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario dan implementasi yang telah dilaksanakan guru sudah sesuai dengan kegiatan pembelajaran, respon guru dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan hal yang positif, kesulitan siswa dalam penyelesaian tugas salah satunya sulit dalam berbicara dengan lantang serta ekspresi dalam bercerita, kendala yang dihadapi oleh guru terhadap pembelajaran daring yaitu dari segi jaringan. RPP yang digunakan sudah baik dan sesuai dengan pembelajaran daring serta metode yang digunakan menarik bagi siswa dan bisa dipahami dengan mudah oleh siswa.
Copyrights © 2025