COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 2 (2025)

Rancang bangun media interaktif diagram batang dengan menggunakan model group investigation berbantuan powerpoint untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD

Nurhamidah, Amaliah (Unknown)
Ruqoyyah, Siti (Unknown)
Rabbani, Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV pada materi statistika adalah hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Karena hal tersebut peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif diagram batang dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan powerpoint. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) tahapan Borg and Gall.  Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli praktisi terhadap media interaktif diagram batang ini mendapatkan skor diatas rata-rata degan kategori media valid dengan demikian media interaktif diagram batang layak digunakan. Pengembangan media interaktif diagram batang ini melalui dua tahap uji coba untuk mengetahui keefektifan media dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Pertama adalah uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas IV dan yang kedua yaitu uji coba luas kepada 20 siswa kelas IV. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan desain penelitian one group design pretest-posttest pada uji terbatas dan uji luas terdapat perbedaan yang signifikan, dalam artian setelah menggunakan media interaktif diagram batang kemampuan pemahaman matematis siswa berkembang. Maka dari itu pengembangan media interaktif diagram batang dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan powerpoint mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD khususnya pada materi statistika.Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Model Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Matematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...