Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 5 No. 01 (2025): JURNAL PGMI Al Ibda

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI HIDAYATUS SHIBYAN

Ainun, Qurrota (Unknown)
Jaelani, Aceng (Unknown)
Arifuddin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di MI Hidayatus shbiyan, kualitas belajar akidah akhlak di kelas iv dan tantangan juga dukungan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Beberapa guru di sekolah belum faham strategi pembelajaran pada kurikulum merdeka, terbatasnya fasilitas sekolah dan beberapa tantangan pada saat implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dngan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa kurikulum merdeka sudah di implementasikan di MI Hidayatus shibyan dan berjalan dengan baik, hal ini terlihat dengan penerapan pembelajaran beriferensiasi, pembelajaran berpusaat pada siswa, dan penggunaan teknologi. Kualitas belajar siswa kelas iv meningkat pada mata pelajaraan akidah akhlak, terlihat dari penggunaan metode pembelajaran, keterlibatan siswa, pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak, dan evaluasi pebelajaran. Tantangan dan dukungan juga didapatkan saat mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar seperti kurangnya pemahaman guru, perubahan pola pengajaran, sarana prasarana, tingkat pemahamn siswa. Selain tantangan, dukungan yang di dapat oleh guru adalah pelatihan dan pendampingan, fasilitas teknologi sekolah, sarana prasarana, dan dukungan orang tua siswa. Berdasarkan analisis data di atas disimpulkan bahwa, implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI Hidayatus Shibyan telah menerapkan kurikulum merdeka dan sudah dilaksanakan di semua kelas dan berjalan dengan baik. Kata Kunci: Kurrikulum Merdeka, Kualitas Belajar, Tantangan, Dukungan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alibda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian ...