Abstrak Fokus peneitian ini adalah rendahnya kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkret dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDIT Al Furqan Palangka Raya, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkret pada proses belajar matematika di kelas IV SD IT Al-Furqan Palangka Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc.Taggart terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas IV Al-Bukhari, dengan data diperoleh melalui tes, obsrvasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbantuan media konkret dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I, aktivitas guru dalam mengelola kelas mencapai perolehan 89% dengan kriteria sangat baik, dan bertambah pada siklus II mencapai perolehan 94% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa juga bertambah dari perolehan 85,5% dengan kriteria baik pada siklus I bertambah menjadi 93% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. (2) Pada siklus I, 68,4% siswa mencapai ketuntasan individu sesuai KKTP. Persentase ini meningkat menjadi 89,4% pada siklus II, melampaui kriteria keberhasilan ≥ 70%. Kata Kunci: Pendekatan RME, Media konkret, Hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025