Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 3 (2025): April

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI dengan Model Teams Games Tournament Menggunakan Media Katak Loncat EducaPlay

Honesty Hidayah Nur Permatasari (Unknown)
Ani Juniatik (Unknown)
Edy Nurfalah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis media Katak Loncat pada platform EducaPlay. Model TGT dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, motivasi belajar, serta pemahaman konsep matematika, khususnya pada materi Rasio. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model TGT. Pada pra-PTK, nilai rata-rata siswa adalah 65,71 dengan tingkat ketuntasan 39,29%. Setelah penerapan siklus pertama, nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan 78,57%. Pada siklus kedua, nilai rata-rata mencapai 94,29 dengan ketuntasan 92,86%. Selain peningkatan akademik, model TGT juga meningkatkan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, komunikasi, dan sportivitas. Oleh karena itu, model TGT berbasis media Katak Loncat di platform EducaPlay direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di mata pelajaran Matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...