Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits di Kelas IV MINU Waru I Sidoarjo

Masud (Unknown)
Galih (Unknown)
Alifi (Unknown)
Nadlir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar Al-Qur'an Hadits siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadits siswa kelas IV MINU Waru I Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta dianalisis menggunakan uji T-Test.Hasil menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 66,23 dan kelas kontrol 68,71. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 87,56, sementara kelas kontrol 81,43. Uji T-Test menunjukkan p-value 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadits.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...