Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Motivasi Bekerja terhadap Minat Berkarir di Hotel oleh Peserta Didik Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Mojokerto

Amelia, Avita Rahma (Unknown)
Miranti, Mauren Gita (Unknown)
Astuti, Nugrahani (Unknown)
Romadhoni, Ita Fatkhur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Pendidikan kejuruan memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. Terdapat dua faktor yang dapat menanamkan minat berkarir pada siswa, yaitu dengan memberikan kurikulum PKL dan membangun motivasi bekerja siswa. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui: 1) pengaruh praktik kerja lapangan (PKL) terhadap minat berkarir peserta didik SMK tata boga di hotel. 2) pengaruh motivasi bekerja terhadap minat berkarir peserta didik SMK tata boga untuk berkarir di Hotel. 3) pengaruh pengalaman PKL dan motivasi bekerja terhadap minat berkarir peserta didik SMK tata boga untuk berkarir di hotel secara simultan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mempergunakan rumus Slovin, dengan toleransi kesalahan 10%. Metode analisis data pada studi ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengalaman PKL memiliki pengaruh positif terhadap minat berkarir di hotel, 2) motivasi bekerja berpengaruh positif terhadap minat berkarir di hotel, 3) pengalaman PKL dan motivasi bekerja berpengaruh positif terhadap Minat berkarir di hotel secara simultan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengalaman PKL berkontribusi signifikan dalam membentuk minat karir siswa, motivasi bekerja juga berpengaruh signifikan untuk membentuk minat berkarir, kombinasi antara pengalaman PKL dan motivasi bekerja juga memberikan kontribusi signifikan pada minat siswa untuk berkarir di hotel, pada bidang F&B.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...