Bioteach : Biology and Biology Education Journal
Vol. 2 No. 01 (2025): Volume 02 Nomor 01 (Maret 2025)

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Jeneponto

wahda, Nur Wahda (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Suryani, Andi Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi-Experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi manusia di SMA Negeri 1 Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran flipped classroom dan pembelajaran non flipped classroom, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Jeneponto yang berjumlah 216 peserta didik. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol dengan 36 peserta didik dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelompok eksperimen dengan 36 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar pada materi sistem koordinasi yang terdiri dari pre-test dan post-test Teknik analisis data menggunakan analisis kovariat (ancova). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai P < 0,001 yang lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran flipped classroom berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Jeneponto pada materi sistem koordinasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioteach

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Journal of Biology science and Biology Education is an open-access peer-reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. The journal aims to be an excellent platform for the exchange of knowledge in the fields of biology science and biology education. It is dedicated to ...