All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 1: Maret 2025

Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar Kelas IV

Anggraini, Nindi Deva (Unknown)
Apriani, Fitri (Unknown)
Pitriyana, Sisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik dan kurang optimalnya penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga peserta didik kurang berkonsentrasi dan terlibat pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis Adobe Animate yang valid, praktis, dan efektif pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV di SD Negeri 23 Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi awal, wawancara dengan guru wali kelas IV, angket yang disebarkan kepada siswa kelas IV dengan jumlah subjek 28 siswa, dan instrumen soal pre-test pos-test berupa sepuluh soal essay untuk mengevaluasi efektivitasnya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif Adobe Animate yang “sangat valid”, “sangat praktis”, dan “efektivitas”. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli media sebesar 83% dan validasi ahli materi sebesar 98%. Hasil angket respon siswa uji skala kecil sebesar 81% menunjukkan kepraktisan media pembelalaran multimedia interaktif Adobe Animate. Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Animate dinyatakan efektif dari hasil pre-test post-test yaitu Sig 2-tailed 0.01 0.05, artinya terdapat perbedaan ketuntasan belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif Adobe Animate pada materi bangun datar kelas IV SD Negeri 23 Pangkalpinang.

Copyrights © 2025