All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 5, No 1: Maret 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Smart Apps Creator pada Materi Kerajaan- Kerajaan di Nusantara Kelas IV SDN 32 Sungailiat

Dini, Dian (Unknown)
Yuanita, Yuanita (Unknown)
Pitriyana, Sisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada materi Kerajan-kerajaan di Nusantara. Hal ini mengakibatkan ketuntasan belajar siswa menurun pada karakteristik materi yang membutuhkan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini Research and Development (RD) menggunakan model ADDIE. Ada 5 tahapan yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IV SDN 32 Sungailiat yang berjumlah 20 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif yaitu data kevalidan yang dilakukan oleh 2 ahli materi, dan 1 ahli media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket dan wawancara. Data keefektivan diperoleh dari analisis nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penilaian validator materi I dan II diperoleh 92% (Sangat Valid) dan validator media 94% (Sangat Valid). Hasil uji kelompok kecil diperoleh 100% (Sangat Praktis) dan uji kelompok besar 95% (Sangat Praktis). Angket respon guru kelas IV diperoleh 100% (Sangat Praktis) dan angket respon siswa kelas IV 95% (Sangat Praktis). Hasil dari uji paired sample t-test thitung ttabel (11.738 1.725). Dengan demikian, Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Smart Apps Creator pada materi Kerajaan- kerajaan di Nusantara dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025