Magenta
Vol. 9 No. 1 (2025): Magenta : Jurnal ilmiah Komunikasi dan Media

Dampak Media Digital Dalam Membangun Literasi Keuangan Bagi Generasi Alpha

Haruman, Fahri Hikmanda (Unknown)
Noviana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Memahami tentang pengaturan keuangan sangat penting ditanamkan sejak dini agar tercapainya tingkat kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media digital bisa dimanfaatkan sebagai media literasi keuangan bagi generasi Alpha. Melalui wawancara terhadap 3 orang guru yang mengajar di SDN Sertajaya 01, SDN Sertajaya 03, dan SMPN 1 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi didapatkan bahwa penggunaan gadget membawa pengaruh buruk pada pola belajar anak, hal itu diungkapkan oleh para guru yang mengaku cukup kesulitan dalam mengajar anak-anak generasi Alpha. Meskipun demikian, penggunaan perangkat elektronik seperti gadget sangat diperlukan untuk mendukung tahap belajar. Sekolah-sekolah saat ini juga sudah mulai berinisiatif untuk menerapkan media digital sebagai metode pembelajaran. Sedangkan hasil kuesioner yang dibagikan secara snowball memperlihatkan bahwa 87.7% responden sudah memberikan perangkat seluler kepada generasi Alpha namun dengan pengawasan mereka, dengan akses paling banyak oleh Generasi Alpha sekitar 49.2% yaitu game. Lalu didapatkan bahwa sudah banyak platform media digital yang dapat meningkatkan literasi keuangan namun saat ini belum ada penerapan atau tindakan khusus di rumah ataupun ruang lingkup belajar di sekolah. Sehingga para orang tua dan guru berharap di masa yang akan datang nanti terdapat banyak sarana peningkatan literasi keuangan dan dapat diterapkan baik di rumah maupun di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

magenta

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

MAGENTA bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang komunikasi visual dan teknologi grafika, khususnya bidang Web Design, Illustrator, Graphic House Entrepreneur, 3D Artist, Motion Graphic, Video Maker, Film Production, serta bidang Printing Design, ...