Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10 No 1 (2025): Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indones

Respon Siswa terhadap Pendekatan Whole Language dengan Media Pembelajaran Padlet pada Materi Menulis Nonfiksi

Mubarokah, Rossida Fatma Syahrulina (Unknown)
Huda, Miftakhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan pendekatan whole language dengan media interaktif padlet pada materi menulis nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Desain penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif untuk menganalisis angket yang berisi respoon siswa yang melibatkan 25 siswa X KCS dengan 16 pernyataan dan 5 pilihan jawaban. Hasil dari angket tersebut menyatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language dengan media padlet memperoleh persentase 82% atau dapat dikatakan memperoleh respon sangat positif dari siswa. Secara keseluruhan diperoleh bahwa penggunaan pendekatan dan media tersebut dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar. Oleh karena itu, seluruh persentase tiap-tiap aspek berada di atas 61% yang artinya pendekatan dan media ini efektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...