Proses pembelajaran secara umum masih menggunakan buku paket dan metode pembelajaran ceramah, yang menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor, (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (RD) dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning dinilai layak oleh ahli media dengan nilai 0,89, sangat layak oleh ahli materi dengan nilai 0,91, dan sangat layak oleh guru dengan nilai 0,92, (2) respon peserta didik terhadap LKPD sangat menarik dengan nilai 0,90, dan (3) penggunaan LKPD tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perolehan N-Gain Score sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor
Copyrights © 2025