TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol. 8 No. 1 (2025): TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen dalam Membentuk Sikap Toleransi di SDN 1 Karanggondang

Hidayatullah, Muhammad Syarif (Unknown)
Rohman, Fathur (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Pendidikan Agama memiliki peran penting dalam membentuk sikap toleransi siswa di sekolah dengan latar belakang agama dan budaya beragam, melalui pengajaran, pembiasaan, keteladanan, dan kolaborasi antara guru, menciptakan lingkungan inklusif dan menghargai perbedaan, walaupun di SDN 1 Karanggondang terdapat keberagaman agama, akan tetapi siswa tetap rukun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Upaya guru agama untuk menananmkan sikap tolernasi kepada siswa di SDN 1 Karanggondang dan juga bagaimana peneraan toleransinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi, penyampaian, dan verifikasi menggunakan triangulasi metode, waktu, dan sumber untuk memastikan keaslian data. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SDN 1 Karanggondang yaitu dengan cara Pembelajaran di Kelas, kegiatan keagamaan Bersama, pembiasaan harian, integrasi nilai toleransi dalam materi ajar dan juga evaluasi atau pemantauan berkala oleh guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TARLIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dikelola oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, memuat tema-tema yang membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam (Learning of Islamic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Management of Islamic Education), ...