Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng “Appinakna Rupama” Siswa Kelas VII SMPN 4 Takalar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 78 orang yang tersebar kedalam 3 kelas. Sampel yang ditetapkan sebanyak 24 siswa SMPN 4 Takalar. Teknik pengumpulan data berupa tes menyimak dongeng “appinaknak rupama”. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan menyinmak dongeng “appinaknak rupama” telah mencapai kriteria yaitu 75% yang menunjukkan bahwa sampel yang memperoleh nilai 75-95 berjumlah 14 siswa (78,8%) dan sampel yang memperoleh nilai 0-69 berjumlah 10 siswa (21,2%). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran menyimak dongeng “Appinakna Rupama” siswa kelas VII SMPN 4 Takalar Kabupaten Takalar dinyatakan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025