Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penggunaan media pembelajaran Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Malengkeri Bertingkat I.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 11 orang dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 30 orang atau 36,67% yang tuntas belajarnya dengan rata-rata nilai 69,67 , selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 orang dari 30 orang siswa atau 86,67% yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar naik menjadi 82,3 hal ini mengalami peningkatan presentase ketuntasan sebesar 18,13%. Hasil penelitian ini terlihat perbandingan nilai siklus I dan siklus II yaitu pada siklus I rata-rata nilai 69,67 dengan persentase ketuntasan 36,67% dan selanjutnya pada siklus II rata-rata nilai naik menjadi 82,3 dan persentase ketuntasan juga naik menjadi 86,67% jika dihitung dari nilai KKM 77 maka pada siklus II ini kenaikannya sebesar 18,13%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajatan Microsoft Powerpoint dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar sehingga hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Malengkeri Bertingkat I meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025