Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 2 (2025): April

Penyuluhan Upaya Meningkatkan Pengetahuan Kasus Disminore Pada Santriwati Ar-Rohmah Putri Malang

Indana, Alifiya Zulfa (Unknown)
Rahmawati, Nurul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Menstruasi merupakan terjadinya proses pelepasan dinding rahim yang disertai dengan pendarahan secara berulang setiap bulan selama 3–7 hari. Pada siklus menstruasi remaja putri kerap mengalami nyeri menstruasi yang disebut dengan disminore. Disminore adalah kondisi munculnya nyeri pada perut bagian bawah pada sebelum atau saat menstruasi yang dapat menganggu aktifitas sehari-hari. Dengan ini penelitian bertujuan untuk meingkatkan pengetahuan terkait kasus disminore pada remaja putri dan penanganan fisioterapi seperti massage, TENS, kompres hangat dan abdominal stretching. Penelitian dilakukan menggunakan metode promosi kesehatan kuantitatif berupa penyuluhan menggunakan kuesioner, media promosi brosur dan power point. Penelitian dilaksanakan menggunakan teknik promosi kesehatan yaitu penyuluhan, edukasi dan diskusi dengan 36 responden yaitu Santriwati Ar-Rohmah Putri Malang. Pada hasil kuesioner post test penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan responden terkait kasus disminore.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...