Salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk melihat keterkaitan antar konsep dalam matematika sehingga perlu dikuasai siswa agar dapat memahami matematika secara utuh dan menerapkannya dalam berbagai konteks. Pembelajaran in action, menawarkan sebuah desain pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam eksplorasi dan resolusi masalah, dihipotesiskan memiliki potensi signifikan dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan koneksi matematis siswa. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Desain penelitian yang diadopsi adalah OneGroup Pretest Posttest Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kompetensi koneksi matematis yang disusun dalam format uraian dan diberikan sebelum dan setelah pembelajaran in action. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  in action  yang  dirancang  dengan  baik,  yang  melibatkan  siswa  secara  aktif  dalam  menghubungkan  konsep  matematika  dengan  berbagai  representasi,  mengaplikasikannya  dalam  konteks  nyata,  dan  merefleksikan  pemahaman  mereka,  dapat  meningkatkan  kemampuan  koneksi  matematis  siswa.  Kata Kunci:  koneksi matematis, pembelajaran in action
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025