Jurnal Abdiraja
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Abdiraja

Edukasi Literasi Sains Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa

SIMANGUNSONG, IKA TRISNI (Unknown)
Uskenat, Kristina (Unknown)
Simbolon, Merta (Unknown)
Ekasari, Aprilita (Unknown)
Jua, Selestina Kostaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan edukasi literasi sains berbasis PBL bagi siswa, melalui pendampingan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Merauke, diikuti 60 orang siswa dan 1 orang guru fisika. Metode yang digunakan pendampingan dalam kelompok, yang terdiri atas 10 kelompok yang terdiri atas 6 orang siswa. Tim pendamping terdiri atas dosen dan mahasiswa pendidikan fisika yang berasal dari Universitas Musamus. Secara garis besar, kegiatan terdiri atas; persiapan, pelaksanaan, dan monev. Persiapan dilaksanakan untuk melengkapi keperluan pelaksanaan, seperti perizinan secara administrasi, dan pembagian tim pendamping. Pelaksanaan, terdiri atas proses pendampingan yang dilakukan dengan menggunakan sintaks pada PBL, yaitu: orientasi kepada masalah, mengelompokan siswa, pembimbingan, demonstrasi, dan evaluasi. Topik yang digunakan yaitu alat-alat ukur, melalui penggunaan jangka sorong, mikrometer sekrup, dan neraca. Pada bagian akhir kegiatan dilaksanakan monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk melihat respon siswa dan guru terhadap pelaksanaan kegiatan. Dilakukan melalui wawancara, hasilnya mendapatkan respon sangat positif, yang diharapkan nantinya akan ada keberlanjutan kegiatan lagi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ADR

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Dentistry Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdiraja adalah jurnal ilmiah dengan ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat (community service) yang dilakukan oleh dosen, praktisi, maupun mahasiswa. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk mewadahi tulisan ilmiah yang memiliki substansi kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan ...