Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Project Based Learning dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar yang berfokus pada kemampuan analisis unsur puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang dilakukan di SMK Negeri 6 Bekasi dengan sampel sebanyak 68 siswa kelas X jurusan Layanan Perbankan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan 20 soal analisis unsur puisi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi Pearson dan uji korelasi ganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Berdasarkan data yang telah diolah diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan sedang antara Project Based Learning dengan kemampuan analisis unsur puisi dengan nilai Sig. sebesar 0.001 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0.407, 2) Terdapat hubungan sedang antara kemandirian belajar siswa dengan kemampuan analisis unsur puisi dengan nilai Sig. sebesar 0.001 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0.406, 3) Terdapat hubungan sedang antara Project Based Learning dan kemandirian belajar siswa secara simultan dengan kemampuan analisis unsur puisi dengan nilai Sig. F Change sebesar 0.001 dan nilai R sebesar 0.463. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025