Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 5, No 1 (2025)

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN KEMBANGLANGIT KABUPATEN BATANG

Indrawati, Eti (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model Prolem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretets-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang yang berjumlah 13 siswa dengan rincian 9 laki-laki dan 4 perempuan. Berdasarkan perhitungan, maka diperoleh hasil pre test sebanyak 75% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan hasil post test sebanyak 90% siswa dengan rata-rata 88. Analisis uji t dengan taraf signifikan 0,05% dan df=13 menyatakan bahwa thitung sebesar 16,444 dan ttabel 2,179 karena thitung ttabel yaitu 16,444 2,179 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...