Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan berpikir kritis dalam pembelajaran penjas materi aktivitas rimtik, 2) menguji validitas empirik instrumen observasi berpikir kritis dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritimk, 3) menguji reliabilitas intrumen observasi berpikir kritis dalam pembelajaran penjas materi aktivitas ritmik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan model pengembangan 3 D (Defining, Designing, Developing). Sampel yang terlibat dalam penelitian terdiri dari 55 siswa SMP Negeri 1 Lewolema dan 4 orang guru penjas. Instumen ini divalidasi oleh 5 orang ahli menggunakan teknik delphi dan uji validitas empirik mengunakan tes unjuk kerja. Analisis data untuk menguji validitas isi instrumen menggunakan content validity ratio (CVR), analisis data uji validitas empirik menggunakan korelasi product moment, analisis data uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) instrumen penilaian alternatif berpikir kritis telah sesuai berdasarkan kesepakatan ahli, 2) instrumen penilaian berpikir kritis memiliki validitas tinggi berdasarkan uji validitas empirik, 3) instrumen penilaian memiliki kesamaan antar penilai berdasarkan uji reliabilitas. Instrumen penilaian berpikir kritis dalam pembelajaran penjas materi aktivitas rimtik telah sesuai, memiliki reliabilitas dan dapat digunakan.
Copyrights © 2025