MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Siswa kelas 5 SD/MI

Viera Setyani (Unknown)
Farida Catur Wahyu Anggriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas 5. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan yang harus diintegrasikan dalam setiap aspek pembelajaran, termasuk PKn. Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang positif seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di berbagai sekolah memanfaatkan berbagai strategi dalam pembelajaran PKn untuk membentuk karakter siswa, seperti penerapan metode diskusi, pembelajaran berbasis nilai, serta pemberian contoh langsung. Selain itu, interaksi yang dilakukan oleh guru di luar jam pelajaran juga turut mendukung pembentukan karakter siswa. Secara keseluruhan, peran guru dalam pembelajaran PKn sangat vital untuk menciptakan siswa yang memiliki karakter kuat dan siap menghadapi tantangan dalam kehidupan bermasyarakat

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...