Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas 5. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan yang harus diintegrasikan dalam setiap aspek pembelajaran, termasuk PKn. Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang positif seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di berbagai sekolah memanfaatkan berbagai strategi dalam pembelajaran PKn untuk membentuk karakter siswa, seperti penerapan metode diskusi, pembelajaran berbasis nilai, serta pemberian contoh langsung. Selain itu, interaksi yang dilakukan oleh guru di luar jam pelajaran juga turut mendukung pembentukan karakter siswa. Secara keseluruhan, peran guru dalam pembelajaran PKn sangat vital untuk menciptakan siswa yang memiliki karakter kuat dan siap menghadapi tantangan dalam kehidupan bermasyarakat
Copyrights © 0000