Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana program Privat Baca dan Iqra' dilaksanakan, serta dampaknya terhadap peningkatan literasi dan kemampuan iqra' siswa yang dibimbing oleh siswa/I UMRI di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa yang mengikuti program dengan disiplin dan konsisten cenderung menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca dan mengaji, sementara beberapa siswa lainnya masih menghadapi kesulitan meskipun telah mendapatkan pendampingan secara berulang-ulang, akan tetapi hasil yang dicapai dari program ini cukup beragam, tergantung pada tingkat kelas dan kemampuan daya tangkap dari masing-masing siswa. Meskipun menghadapi berbagai tantangan dalam pelaksanaannya, manfaat yang diperoleh dari program ini cukup berarti dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan membaca, baik dalam membaca teks umum ataupun Al-Qur'an. Dengan adanya dukungan yang terus-menerus dari sekolah, mahasiswa pendamping dan orang tua, program ini memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas literasi siswa
Copyrights © 2025