Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2025): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

Penggunaan Media Papan Nilai Tempat dalam Pendekatan PMRI untuk Mendukung Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Multahada, Najwa (Unknown)
Fauza, Zidna Salma (Unknown)
Zuliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas penerapan media pembelajaran inovatif berupa papan nilai tempat dalam pembelajaran matematika sesuai pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media ini dalam membantu siswa memahami konsep nilai tempat, dengan tahap-tahap pembelajaran yang didokumentasikan secara sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di salah satu SD. Hasil simulasi menunjukkan bahwa media ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep nilai tempat melalui tahap-tahap PMRI, yaitu (1) menggunakan konteks nyata, (2) pemodelan matematika, (3) pembelajaran interaktif, (4) pengembangan formalitas matematika, dan (5) refleksi. Dokumentasi visual pada setiap tahap disajikan untuk memperkuat hasil penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...