Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan Modul Ajar dalam pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pontianak Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Kelas IV SDN 11 Pontianak Timur yang berjumlah 2 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen penyusunan Modul Ajar kurikulum merdeka yang disusun oleh guru kelas IV SDN 11 Pontianak Timur sudah cukup mencantumkan komponen utama yakni tujuan pembelajaran, langkah kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, dan asesmen. Selain komponen utama guru juga telah mencantumkan komponen pendukung Modul Ajar lainnya. Penerapan Modul Ajar yang disusun oleh guru dalam pembelajaran di kelas IV SDN 11 Pontianak Timur telah menunjukkan sebagian besar penerapan tepat dan sesuai dengan yang tercantum dalam modul. Namun pada satu pertemuan pembelajaran terdapat pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan yang tercantum dalam Modul Ajar yang disusun dan terdapat media pembelajaran yang tidak dimanfaatkan saat kegiatan pembelajaran dalam kelas seperti yang tercantum dalam Modul Ajar.
Copyrights © 2025