Pemasaran yang sukses dan pembentukan identitas merek perusahaan sangat bergantung pada efektivitas program komunikasi pemasaran. Komunikasi ini bertujuan untuk membentuk citra merek yang positif dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan merek tersebut. UMKM masih belum mengadopsi strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yang membuat mereka kesulitan bersaing dengan perusahaan besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif, yang merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan biasanya menggunakan pendekatan induktif untuk analisis. Hasil analisis menunjukkan Komunikasi bisnis memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan dan profitabilitas UMKM. Ketika semua pihak dalam bisnis, termasuk UMKM, berkomunikasi dengan baik, itu dapat berkontribusi pada pertumbuhan profit UMKM. Komunikasi bisnis membantu UMKM meningkatkan penjualan dan profit dengan mempertahankan kepercayaan para mitra dan membangun kemitraan jangka panjang yang bermanfaat. Ini juga berperan sebagai strategi pemasaran yang penting bagi UMKM.
Copyrights © 2025