Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat STIT Tanggamus
Vol 3 No 1 (2025): Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat STIT Tanggamus

PERAN MANAJEMEN KOMUNIKASI BAGI PEMASARAN UMKM: PERAN MANAJEMEN KOMUNIKASI BAGI PEMASARAN UMKM

Kurniawan, Rivaldi Dwi (Unknown)
Subhan, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Pemasaran yang sukses dan pembentukan identitas merek perusahaan sangat bergantung pada efektivitas program komunikasi pemasaran. Komunikasi ini bertujuan untuk membentuk citra merek yang positif dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan merek tersebut. UMKM masih belum mengadopsi strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yang membuat mereka kesulitan bersaing dengan perusahaan besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif, yang merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan biasanya menggunakan pendekatan induktif untuk analisis. Hasil analisis menunjukkan Komunikasi bisnis memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan dan profitabilitas UMKM. Ketika semua pihak dalam bisnis, termasuk UMKM, berkomunikasi dengan baik, itu dapat berkontribusi pada pertumbuhan profit UMKM. Komunikasi bisnis membantu UMKM meningkatkan penjualan dan profit dengan mempertahankan kepercayaan para mitra dan membangun kemitraan jangka panjang yang bermanfaat. Ini juga berperan sebagai strategi pemasaran yang penting bagi UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Khidmah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khidmah merupakan jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus dengan ISSN Online (3032-2707). Jurnal ini berisi artikel pengabdian kepada masyarakat dengan lingkup Pelatihan dan Pemasaran yang ...