CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol. 5 No. 1 (2025)

INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

RAMBE, MAHADI KESUMA (Unknown)
BUNGA, SRI (Unknown)
ALVIONITA, ICHA (Unknown)
HASIBUAN, DINASARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

ABSTRACT Quality education is a fundamental pillar in national development, enabling a country to compete globally. The assurance of education quality in schools aims to ensure that the education provided meets adequate standards and can be consistently achieved. However, the implementation of education quality assurance is often hindered by resource limitations, both in terms of infrastructure and teaching quality. Educational innovation, particularly technology-based learning, is considered a solution to improve the quality of education and bridge these gaps. This study aims to identify educational innovations that can be implemented in Indonesian schools and assess their impact on improving educational quality. Based on literature reviews, it was found that educational technologies such as e-learning and blended learning can enhance access to and the quality of education, accelerate the learning process, and foster more active interactions between students and teachers. However, the implementation of these innovations is still limited by infrastructure issues, teachers' preparedness in adopting technology, and disparities between urban and rural areas. Therefore, it is essential to examine and address these challenges to ensure the effective implementation of educational innovations. This study also emphasizes the importance of competency-based evaluations to ensure that education aligns with the intended goals. It is hoped that the findings of this research will provide insights into the implementation of educational innovations in quality assurance and offer solutions to the challenges faced. ABSTRAK Pendidikan yang berkualitas merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa yang mampu bersaing secara global. Penjaminan mutu pendidikan di sekolah bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan memiliki standar yang memadai dan dapat dicapai secara konsisten. Namun, implementasi penjaminan mutu pendidikan sering terhambat oleh keterbatasan sumber daya, baik dari segi infrastruktur maupun kualitas pengajaran. Inovasi pembelajaran, terutama yang berbasis teknologi, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengatasi kesenjangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah Indonesia serta mengkaji dampaknya terhadap peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan studi literatur, ditemukan bahwa teknologi pembelajaran seperti e-learning dan blended learning dapat meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran, mempercepat proses belajar, dan mendorong interaksi yang lebih aktif antara siswa dan pengajar. Namun, penerapan inovasi ini masih terbatas oleh masalah infrastruktur, ketidaksiapan guru dalam mengadopsi teknologi, dan kesenjangan antara daerah perkotaan dan terpencil. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji dan mengatasi tantangan ini agar inovasi pembelajaran dapat diterapkan secara efektif. Penelitian ini juga menekankan pentingnya evaluasi berbasis kompetensi untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan mengenai implementasi inovasi pembelajaran dalam penjaminan mutu pendidikan di Indonesia dan menawarkan solusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu ...