Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Model pembelajaran Talking Stick digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV B sebanyak 25 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa 10 butir soal esai untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Talking Stick. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan.
Copyrights © 2025