Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 8 No. 2 (2025): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Implementasi Metode Talk Show dalam Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa dalam Berbicara Inggris

Reza Pustika (Institut Teknologi Sumatera)
Sunarsih Sunarsih (Institut Teknologi Sumatera)
Anjar Nur Cholifah (Institut Teknologi Sumatera)
Doni Alfaruqy (Institut Teknologi Sumatera)
Tefur Nur Rohman (Institut Teknologi Sumatera)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode talk show dalam pembelajaran bahasa Inggris mahasiswa tingkat universitas dan dampaknya terhadap efikasi diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam penguasaan bahasa Inggris, khususnya bagi mahasiswa yang mempersiapkan diri untuk lingkungan profesional. Metode talk show dikaji sebagai pendekatan yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara, mengurangi kecemasan, dan mendorong keterlibatan siswa. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan 112 mahasiswa dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa metode talk show meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan interaksi siswa sekaligus mengurangi kecemasan. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode talk show dapat secara signifikan meningkatkan efikasi diri mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris. Kata kunci: Metode Talk Show, efikasi diri, komunikasi lisan, keterampilan berbicara bahasa Inggris

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...