Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 2 (2020): Desember

PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AYO GOTONG ROYONG MELALUI MEDIA SIPATDIPAT DI KELAS I SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI

Silitonga, Mamanda (Unknown)
Nasution, Marah Doly (Unknown)
Purba, Rismadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ayo Gotong Royong Melalui Media Sipatdipat Di Kelas I Sd Negeri 060912 Medan Denai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060912 Medan Denai, khususnya di kelas 1. Adapun waktu pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, yaitu mulai bulan April hingga Mei 2025 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan media pembelajaran SIPATDIPAT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Ayo Gotong Royong" di kelas I SDN 060912 Medan Denai.Peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap, dimulai dari prasiklus yang hanya mencapai ketuntasan klasikal sebesar 23,81% dengan rata-rata nilai 58, meningkat pada Siklus I menjadi 61,90% dengan rata-rata nilai 70, dan mencapai 85,71% pada Siklus II dengan rata-rata nilai 85. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan keaktifan, kemampuan berpikir kritis, dan pemahaman siswa, terutama ketika didukung dengan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas awal. Media pembelajaran permainan edukatif SIPATDIPAT sebagai media pendukung pembelajaran memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terutama dalam aspek afektif dan psikomotor. Aktivitas bermain yang dilakukan setelah diskusi kelompok dan praktik gotong royong memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang dipelajari dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan serta bermakna

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...