Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi guru Bahasa Indonesia menggunakan Alat Penilaian Kompetensi Guru (APKG-2) melalui analisis video pembelajaran. Kompetensi guru memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang bermakna dan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode model evaluasi kesenjangan (discrepancy evaluation), dengan data berupa dua video pembelajaran yang direkam dari SMPN 3 dan SMPN 6 Semarang. Instrumen APKG-2 digunakan untuk menilai berbagai aspek kompetensi guru, seperti pelaksanaan pembelajaran, interaksi kelas, penguasaan materi, serta evaluasi proses belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pada video 1 memperoleh skor rata-rata 81, sedangkan pada video 2 sebesar 89, keduanya termasuk dalam kategori AB (lebih dari baik). Namun, ditemukan kelemahan dalam inovasi metode pengajaran, optimalisasi media pembelajaran, serta pelaksanaan evaluasi yang lebih menyeluruh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran, mendorong profesionalisme guru, memperbaiki prestasi dan motivasi siswa, serta mendorong inovasi metode pengajaran dan relevansi kurikulum untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
Copyrights © 2025