Abstrak Berbicara mengenai pendidikan di era digital saat ini tak lepas dari penggunaan teknologi baik sebagai tools (alat), learning resource (sumber bahan ajar) dan learning media (media pembelajaran). Adanya teknologi tentu saja mampu memudahkan dan mengurangi hambatan-hambatan yang sering terjadi di dalam kegiatan pembelajaran. Terlebih di dalam sebuah institusi, baik institusi pendidikan, pelatihan maupun institusi lainnya. Learning Management System (LMS) merupakan salah satu bentuk turunan dari pembelajaran E-Learning yang memiliki dsar pembelajaran berbasis web. Penggunaan LMS yang masif saat ini di berbagai institusi pendidikan mampu meningkatkan gairah dalam kegiatan pembelajaran dan batasan-batasan yang sering terjadi dalam pebelajaran yang dilaksanakan secara konvensional. Namun sayang terkadang fokus utama di dalam pengelolaan dan pembelajaran menggunakan LMS hanya dimaknai dangkal yakni terkait platform LMS yang digunakan. Abstract Talking about education in the current digital era cannot be separated from the use of technology both as tools, learning resources and learning media. The existence of technology can certainly facilitate and reduce obstacles that often occur in learning activities. Especially in an institution, be it an educational institution, training or other institution. Learning Management System (LMS) is one form of derivative of E-Learning learning which has a web-based learning basis. The massive use of LMS today in various educational institutions can increase enthusiasm in learning activities and the limitations that often occur in conventional learning. But unfortunately sometimes the main focus in managing and learning using LMS is only interpreted superficially, namely related to the LMS platform used.
Copyrights © 2024